MENGELOLA KELAS
MENGAPA KELAS PERLU DIKELOLA SECARA EFEKTIF?
Kelas Padat, Kompleks, dan Berpotensi Kacau
Dalam menganalisis lingkungan kelas, Walter
Doyle (1986) mendeskripsikan enam karakteristik yang mereflesikan kompleksitas
dan potensi problemnya:
1. Kelas adalah multidimensional
2. Aktivitas terjadi secara simultan
3. Hal-hal terjadi secara cepat
4. Kejadian sering kali tidak bisa diprediksi
5. Hanya ada sedikit privasi
6. Kelas punya sejarah
Strategi yang baik untuk memulai kegiatan
belajar mengajar adalah:
1. Membangun ekspektasi untuk perilaku dan
menghilangkan ketidakpastian
2. Memastikan murid merasakan pengalaman
kesuksesan
3. Selalu siap dan dapat dijangkau
4. Bersikap tegas
Tujuan dan Strategi Manajemen
1. Membantu murid menghabiskan lebih banyak
waktu untuk belajar daripada bermain
2. Mengurangi waktu aktivitas yang tidak
diorientasikan pada tujuan pembelajaran
3. Mencegah murid mengalami problem akademik
dan emosional
MENDESAIN LINGKUNGAN FISIK KELAS
Prinsip Penataan Kelas
1. Kurangi kepadatan di tempat lalu-lalang
2. Pastikan bahwa Anda dapat dengan mudah
melihat semua murid diakses
3. Pastikan murid dapat dengan mudah melihat
semua presentasi kelas
Gaya Penataan Kelas
Gaya auditorium, gaya penataan kelas
dimana semua murid duduk menghadap guru
Gaya tatap muka (face-to-face), gaya penataan
kelas dimana semua murid saling menghadap
Gaya off-set, gaya penataan kelas
dimana sejumlah murid (biasanya tiga atau empat anak) duduk di bangku tetapi
tidak duduk berhadapan langsung satu sama lain
Gaya seminar, gaya penataan kelas
dimana sejumlah besar murid (10 atau lebih) duduk di susunan berbentuk
lingkaran, atau persegi, atau bentuk U
Gaya klaster (cluster), gaya penataan kelas
dimana sejumlah murid (biasanya empat sampai delapan anak) bekerja dalam
kelompok kecil
MENCIPTAKAN LINGKUNGAN YANG POSITIF UNTUK
PEMBELAJARAN
1. Strategi Umum
Menggunakan Gaya Otoritatif
Gaya otoritatif adalah melalukan percakapan
denga murid, memerhatikan murid dan membatasi perilaku murid jika dibutuhkan
Mengelola Aktivitas Kelas Secara Efektif
Manajer kelas yang efektif:
1. Menunjukkan seberapa jauh mereka
“mengikuti”
2. Atasi situasi tumpang-tindih secara
efektif
3. Menjaga kelancaran dan kontunuitas
pelajaran
Mengajak Murid untuk Bekerja Sama
1. Menjalin hubungan positif dengan murid
2. Mengajak murid untuk berbagi dan mengemban
tanggung jawab
3. Beri hadiah terhadap perilaku yang tepat
(penguat efektif, prompts, dan shaping)
MENJADI KOMUNIKATOR YANG BAIK
1. Keterampilan Berbicara
Berbicara di Depan Kelas dan Murid
Beberapa strategi untuk berbicara secara
jelas dengan kelas Anda antara lain:
1. Menggunakan tata bahasa dengan benar
2. Memilih kosakata yang gampang dipahami dan
tepat bagi level grade murid
3. Menerapkan strategi untuk meningkatkan
kemampuan murid
4. Berbicara dengan tempo yang tepat, tidak
terlalu cepat dan tidak terlalu lambat
5. Tidak menyampaikan hal-hal yang kabur
6. Menggunakan perencanaan dan pemikiran
logis sebagai dasar berbicara yang jelas di kelas
Rintangan Komunikasi Verbal yang Efektif
1. Kritik
2. Memberi julukan dan pelabelan
3. Menasehati
4. Mengatur-atur
5. Ceramah moral (moralizing)
Memberi Ceramah yang Efektif
1. Jalin hubungan dengan audien
2. Kemukakan tujuan Anda
3. Sampaikan ceramah secara efektif
4. Ikuti konvensi yang tepat
5. Tata ceramah dengan rapi
6. Masukkan bukti pendukung dan kembangkan
ide Anda
7. Gunakan media secara efektif
2. Keterampilan Mendengar
Mendengar aktif berarti
gaya mendengar yang memberi perhatian penuh pada pembicara, memfokuskan diri
pada isi intelektual dan emosional dari pesan.
Beberapa strategi mendengarkan aktif antara
lain:
1. Memberi perhatian pada orang yang
berbicara
2. Parafrasa
3. Mensintesiskan teman dan pola
4. Memberikan tanggapan secara kompeten
MENGHADAPI PERILAKU BERMASALAH
A. Strategi Manajemen
1. Intervensi Minor
2. Intervensi Moderat
3. Menggunakan Sumber Daya Lain
- Mediasi teman sebaya
- Konferensi guru-orangtua
- Minta bantuan kepala
sekolah atau konselor
- Cari Mentor
B. Menghadapi Agresi
1. Perkelahian
2. Bullying
3. Pembangkangan atau Permusuhan terhadap
guru
C. Program Berbasis Kelas dan Sekolah
Program efektif untuk mengelola perilaku di
kelas antara lain:
1. Program pengayaan kompetensi sosial
2. Tiga C dalam manajemen kelas dan sekolah
3. Dukungan bagi pengelolaan kelas berpusat
pada pembelajaran
0 komentar:
Posting Komentar